Monday 12 October 2020

Hal Sepele yang Mengakibatkan Pengajuan KPR ditolak

 Harga rumah yang semakin mahal membuat opsi pembayaran menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR) kerap dipilih oleh banyak orang. Dengan sistem KPR, lembaga keuangan yaitu bank akan memberikan pinjaman hingga 90% dari harga rumah. Rumah yang akan dibeli nantinya menjadi jaminan bagi bank. Kamu sebagai pembeli harus membayar cicilan dengan tenor yang sudah disepakati di awal.

Memang, membeli rumah dengan skema pembayaran KPR sangat membantu. Namun sayangnya, tak semua orang bisa dengan mudah lolos KPR. Tak sedikit yang ditolak pengajuan KPR-nya karena sejumlah hal. Karena tak lolos BI Checking, karena DP yang kurang, atau karena tak sesuai batas usia. Bukan hanya itu, ternyata selain alasan-alasan umum tersebut, ada juga alasan-alasan yang terkesan “sepele”, tapi bisa membuat pengajuan KPR ditolak bank. Buat kamu yang mau mengajukan KPR, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini!

Rumah hanya bisa dilalui motor

Salah satu pertimbangan bank ketika memberikan KPR adalah lokasi rumah. Bank biasanya memberi syarat KPR berupa lebar jalan di sekitar rumah. Lebar jalan minimal sebesar 3 meter dan bisa dilalui dua mobil. Bank biasanya mempertimbangkan peluang jual kembali jika debitur mengalami gagal bayar. Dengan lokasi yang tidak ideal, tentu peluang rumah tersebut untuk terjual kembali menjadi lebih kecil.

Lokasi berdekatan dengan rumah ibadah

Mungkin kamu akan senang membeli rumah yang berdekatan dengan rumah ibadah karena bisa membuatmu terpicu untuk lebih rajin beribadah. Tapi jika kamu membelinya secara KPR, sebaiknya hindari hal ini. Sebab, tak semua orang menyukai rumah yang terlalu dekat dengan masjid. Jika kamu mengalami gagal bayar, bank pasti memikirkan peluang untuk dijual kembali rumah tersebut, sehingga memikirkan preferensi banyak orang.

Rumah terletak di posisi tusuk sate

Rumah tusuk sate adalah yang posisinya terletak di tengah jalur pertigaan sebuah jalanan. Banyak orang yang enggan memilih rumah ini karena menurut mitos, posisi rumah tersebut membawa sial untuk penghuninya. Namun jika dilihat dari penjelasan ilmiah, rumah tusuk sate juga membahayakan. Inilah yang membuat bank kerap enggan memberikan dana untuk pengajuan KPR rumah tusuk sate.

Sumber: Jual Rumah Parung Panjang

No comments:

Post a Comment